ads

Chelsea, Calon Juara Tanpa Defisit

Chelsea, Calon Juara Tanpa Defisit

Koran Gratis - Chelsea semakin dekat dengan titel kelima Premier League sepanjang sejarah. Andai trofi benar-benar mendarat di Stamford Bridge, The Blues pun mematahkan tabu dalam satu dekade terakhir.

Bila menilik sembilan juara Premier League sebelumnya, tak satu pun klub meraih profit di pasar transfer. Maklum, belanja besar seolah jadi jaminan untuk meraih trofi di kasta teratas Inggris ini.

Ambil contoh musim lalu ketika Manchester City meraih gelar. Manajemen The Citizens harus mengalami defisit 16,8 juta poundsterling atau sekitar Rp 330 miliar bila membandingkan uang yang dikeluarkan untuk transfer masuk dan keluar.

City juga mengalami defisit 53,1 poundsterling saat menjuarai Premier League pada 2011-12. Inilah defisit terbesar dibandingkan juara lainnya. Kedua adalah Manchester United saat mengalami kerugian 52,6 poundsterling satu musim berselang.

Beda hal dengan Chelsea (bila juara) musim ini. Pada musim panas tahun lalu, Chelsea sukses meraup 113 juta poundsterling dari penjualan pemain. Mereka memang belanja cukup banyak dengan kedatangan Cesc Fabregas, Diego Costa, Filipe Luis dan lain-lain, tapi uang yang dikeluarkan cuma 111,6 juta poundsterling.

Perlu diketahui pula, Chelsea meraih pemasukan terbesar dari penjualan pemain dibandingkan penghuni empat besar lainnya. Manchester United bersanding dengan Chelsea di angka 113 juta poundsterling. Sedangkan City cuma meraup 60 juta poundsterling dan Arsenal 57,6 poundsterling.

Chelsea pun membuktikan tak lagi bergantung pada asupan dana pribadi dari sang pemilik, Roman Abramovich, seperti masa bakti pertama Mourinho. Kini, keuangan The Blues jauh lebih sehat.

Jangan lupakan pundi-pundi Chelsea masih bisa bertambah dari sektor lain, terutama musim depan. The Blues telah mengikat kesepakatan senilai 200 juta poundsterling dengan Yokohama Rubber untuk sponsor di bagian dada jersey.

Lagi Hangat