ads

Bayern Menang, Barcelona Melaju ke Final

Bayern Menang, Barcelona Melaju ke Final

Koran Gratis - Bayern Muenchen berhasil mengalahkan Barcelona, 3-2, pada pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions, di Allianz Arena, Selasa malam atau Rabu (13/5/2015) dini hari WIB. Meski menang, Bayern tetap tersingkir karena kalah agregat 3-5 dari Barcelona.

Bayern butuh kemenangan besar untuk dapat lolos ke partai puncak. Pasalnya, Bayern menelan kekalahan 0-3 dari Barcelona saat pertandingan pertama di Stadion Camp Nou, Barcelona, enam hari lalu.

Upaya Bayern membalas kekalahan dengan mencetak gol cepat berhasil dilakukan. Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Bayern sudah unggul 1-0 atas Barcelona. Umpan sepak pojok Xabi Alonso disambut sundulan Medhi Benatia yang sukses membobol gawang Marc-Andre ter Stegen.

Gol tersebut meningkatkan semangat para pemain Bayern untuk mencari gol berikutnya. Lini tengah Bayern mencoba mendominasi permainan dengan terus memberikan tekanan kepada Barcelona.

Akan tetapi, Barcelona ternyata berhasil keluar dari tekanan. Dari sebuah serangan balik, umpan cerdik Lionel Messi mengarah kepada Luis Suarez yang lolos dari kawalan. Suarez tinggal berhadapan dengan kiper Manuel Neuer. Namun, Suarez justru mengumpan Neymar yang berdiri bebas di depan mulut gawang Bayern. Tanpa kesulitan, Neymar berhasil menggetarkan jala tuan rumah.

Lesakan Neymar tersebut membuat Bayern tersudut. Dengan skor 1-1, berarti agregat kini menjadi 4-1 untuk keunggulan Barcelona. Bayern pun butuh empat gol tambahan dan tanpa kebobolan untuk lolos dari lubang jarum.

Tak lama berselang atau tepatnya pada menit ke-29, trio "MSN" (Messi, Suarez, dan Neymar) kembali menjadi momok menakutkan bagi lini belakang Bayern. Kolaborasi ketiganya sukses menghadirkan gol kedua Barcelona pada laga tersebut.

Diawali umpan sundulan Messi, Suarez kembali bebas sendirian menggiring bola di daerah pertahanan Bayern. Hampir seperti gol pertama, Suarez kemudian memberikan umpan kepada Neymar. Umpan itu dikontrol Neymar menggunakan dada dan lantas langsung melepaskan tembakan mendatar ke tiang dekat. Neuer gagal mengantisipasi sepakan Neymar yang berujung gol.

Barcelona kini unggul 2-1 atas Bayern pada babak pertama. Agregat pun menjauh 5-1 untuk Barcelona. Hingga paruh pertama berakhir, Barcelona seakan mendorong Bayern ke tepi jurang Liga Champions.

Memasuki babak kedua, pelatih Barcelona, Luis Enrique, melakukan perubahan dengan memainkan Pedro Rodriguez untuk mengganti Suarez. Enrique tampak sudah yakin dengan keunggulan timnya dan ingin menyimpan tenaga Suarez untuk kompetisi domestik.

Sementara itu, Bayern tetap berusaha keras berjuang meski harus mencetak lima gol tambahan. Itu pun dengan syarat Barcelona berhenti mencetak gol ke gawang tuan rumah pada babak kedua.

Bayern sukses menyamakan kedudukan pada menit ke-59. Aksi Robert Lewandowski mengecoh Javier Mascherano dilanjutkan tendangan terukur yang bersarang ke pojok gawang Barcelona. Skor pun menjadi 2-2.

Demi menambah daya gedor, Josep Guardiola menarik keluar Philipp Lahm yang diganti Sebastian Rode. Di kubu Barcelona, Enrique mencoba bermain lebih bertahan dengan memasukkan Jeremy Mathieu menggantikan Ivan Rakitic.

Bayern justru mampu menambah gol pada menit ke-74. Di daerah kotak penalti Barcelona, Schweinsteiger memberikan umpan pendek yang diselesaikan dengan sempurna oleh Thomas Mueller. Bayern berbalik unggul 3-2 atas Barcelona. Namun, Barcelona tetap unggul agregat 5-3 atas Bayern.

Tiga gol tambahan yang dibutuhkan Bayern gagal tercipta meski Guardiola menurunkan gelandang serang Mario Goetze dan Javi Martinez pada menit ke-87. Bayern pun tersingkir meski menang atas Barcelona.

Barcelona memastikan satu tiket ke final Liga Champions yang akan berlangsung di Berlin, 6 Juni mendatang. Barcelona akan menghadapi Real Madrid atau Juventus yang baru akan bertanding pada Rabu (13/5/2015). Pada semifinal pertama, Juventus untuk sementara unggul 2-1 atas Real Madrid.

Susunan pemain

Bayern Muenchen: 1-Manuel Neuer; 5-Mehdi Benatia, 13-Rafinha, 17-Jerome Boateng, 18-Juan Bernat; 3-Xabi Alonso, 6-Thiago Alcantara, 21-Philipp Lahm (20-Sebastian Rode 68), 31-Bastian Schweinsteiger (8-Javi Martinez 87); 9-Robert Lewandowski. 25-Thomas Mueller (19-Mario Goetze 87)

Pelatih: Josep Guardiola

Barcelona: 1-Marc-Andre ter Stegen; 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba, 22-Dani Alves; 4-Ivan Rakitic (24-Jeremy Mathieu 72), 5-Sergio Busquets, 8-Andres Iniesta (6-Xavi Hernandez 75); 9-Luis Suarez (7-Pedro Rodriguez 46), 10-Lionel Messi, 11-Neymar

Pelatih: Luis Enrique

Wasit: Mark Clattenburg (Inggris)

Lagi Hangat